You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa CIKADUT
Desa CIKADUT

Kec. CIMENYAN, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

KAMPUNG ANGKLUNG

Administrator 28 Februari 2018 Dibaca 683 Kali
KAMPUNG ANGKLUNG

Kampung Kandang sapi adalah salah satu kampung yang berlokasi di Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung yang areanya dikelilingi oleh pekuburan cina, jadi hampir semua masyarakat bermata pencaharian ke bangunan dengan kerja harian di pekuburan cina.

Tapi berkat kegigihan masyarakat kampung kandang sapi Rw 01 ingin bisa mandiri dengan memberdayakan sumberdaya manusia salah satunya dengan keahlian membuat angklung dari bambu hitam

Kalau kita bicara tentang Bambu diKampung kandang sapi  ada salah satu kampung yang memproduksi hasil kerajinan bambu, namanya angklung. Kampung Kandang sapi memang tak begitu tenar seperti desa wisata yang ada di Indonesia, lokasinya memang jauh dari Kota Bandung jaraknya sekitar 6,4 Km bisa ditempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, Kampung Kandang Sapi sendiri berada di kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, tapi untuk mencari kampung Angklung tak mudah membalikkan telapak tangan baru kamu bertanya ke warga di kecamatan Cimenyan " dimana Kang Mamat  Angklung atau Desa Cikadut yang menghasilkan Angklung " pasti semua warga akan  memberikan informasi tentang kampung Angklung.

Masyarakat kampung kandang sapi dari dulu memang banyak para pengrajin bambu melihat letak geografis Kampung Kandang Sapi yang berada tepat di lingkungan pekuburan cina sehingga banyak lahan warga di buat pekuburan. Melihat  kekayaan alam bambu masyarakat kampung kandang sapi untuk merubah pola hidup bambu disulap menjadi barang bernilai seni dan tentunya memiliki harga jual yang lebih dari satu lonjor bambu yang harganya kisaran Rp.10.000,- kelompok usaha milik kang mamat sebagi ketua Rw 01 kandang sapi bisa menjual sampai harga Rp.3 juta untuk satu unit produk Angklunya, selain melihat potensi alam yang melimpah kang Mamat juga memikirkan lapangan pekerjaan untuk warga Kampung kandang Sapi, sebelum merintis usaha bambu banyak warga kampung kandang sapi khususnya pemudanya yang bekerja bangunan  keluar kota dan sebagaian menjadi pengangguran hal itu sangat lumrah karena tidak tersedianya lapangan pekerjaan namun kondisi ini sangat memprihatinkan tapi sekarang berkat usaha angklung produksi kerajianan bambu dan meubel bambu warga kampung kandang sapi dapat bernafas legah karena lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat kampung kandang sapi melalui usaha bambu yang dirintis oleh seluruh masyarakat kampung kandang sapi menjadi solusi utama untuk ketersediaan lapangan pekerjaan dan wajar kampung kandang sapi menjadi kampung Angklung.

Bicara masalah bambu, kampung Angklung masih bisa dibilang sebagai desa referensi untuk belajar mengenal tentang bambu di tanaman yang kaya sejuta manfaat. Hampir setiap rumah dikampunh kandang sapi  ada pengrajin bambu  sampai bambu petung hitam, sehingga pesanana pun pada berdatangan baik dari dalam kota maupun luar kata terutama dari dinas - dinas bahkan banyak pesanan dari luar negara seperti jepang dan negara lainya. 
 
Apa hanya angklung saja  yang bisa dinikmati di Kampung angklung ?. Tentu tidak kamu juga bisa melakukan pelatihan pembuatan angklung mulai dari cara membuat sampai dengan memberi not atau suara yang sesuai irama musik yang diharapkan.
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image