You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa CIKADUT
Desa CIKADUT

Kec. CIMENYAN, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Sejarah Desa Cikadut

Administrator 26 Agustus 2016 Dibaca 1.680 Kali
Sejarah Desa Cikadut

SEJARAH DESA CIKADUT

SEJARAH  TERBENTUKNYA DESA CIKADUT.

          Berbicara historis tentang Desa Cikadut , keberadaannya tidak terlepas dari salah satu sekolah dasar yang ada di desa  ini. Konon sbelum Desa Cikadut terbentuk menjadi desa. Diwilayah ini (desa cikadut) dahulu kala masih berada dalam wilayah Desa Cikadut berdiri empat sekolah dasar yaituu. SDN (sekolah dasar negeri) Cikadut,SDN negeri pasir impun ,sdn negeri sekebalingbing dan sdn negeri cibentar .

          Para pendiri atau nenek moyang (faunding father) kita mungkin mempunyai keinginan bahwa para siswa /peserta didik,masyarakat  yang  ada  diwilalayah  ini  mempunyai  totalitas serta dedikasi yang tinggi dalam berbakti kepada Alloh. Berbakti dan memajukan daerahnya serta nusa dan bangsa pada umumnya.

         Pada tahun 1980 an. Desa Cikadut secara geografis sangat luas dari selatan jalan raya Sukamiskin yang sekarang Jl. A. Nasution membentang luas ke utara sampai perbatasan Lembang yaitu Kp. Batu Lonceng yang sekarang masuk ke Kab. Bandung Barat dan jumlah penduduk  yang cukup banyak memungkinkan untuk melaksanakan pemekaran . Dilihat dari proses tersbut , kemudinan intruksi datang dari pemerintah pusat melalui peraturan pemerintah  (PP) nomor 16 tahun 1987 tentang perluasan kota bandung. Bahwa Desa Cikadut yang terangkum dalam wilayah kecamatan Cicadas harus melakukan pemekaran. Secara otomais dukungan pun berdatangan  baik dari kalangan masyarakt biasa maupun dari pihak tokoh – tokoh masyarakat yang ada diwilyah desa cikadut  bahkan konon katanya bupati pun ikut mendukung terhadap pemekaran desa tersebut. Pucuk dicinta ulam tiba. Inilah kiranya pribahasa yang tepat. Pada  sekitar tahun 1987 akhirnya  pemekaran pun terlaksana , yang pasti sebelumnya pihak desa menempuh jalur administrasi ke pihak kabupaten.

         Setelah terjadi pemekaran  para tokoh berempug untuk memberikan nama yang tepat untuk desa  yang baru. Setelah   menempuh proses yang cukup alot. Kemudian orang yang  terlibat dalam  proses pencarian nama   sepakat  bahwa untuk nama desa di ambil dari  nama induk desa yaitu cikadut. Dan pemekarannya di ambil oleh kota Bandung di beri nama Karang Pamulang .

         Begitulah cerita singkat mengenai seluk beluk atau sasakala Desa Cikadut  kepala desa yang pertama mejalakan roda kepemerintahan desa  bernama H.Umar mayono yang biasa kita sebut sebagi saksi dan  pelaku sejarah dalam proses pembentukan  Desa Cikadut

         Para kepal  desa  dari awal sampai sekarang  di tulis dalam tabel.

Tabel .

 

  Daftar Kepala desa dari awal sampai sekarang.

 

NO

 

1

2

3

4

NAMA KEPALA DESA

 

H. UMAR MARYONO

LISTATI

ESA SUGIARTO

LISTATI

MASA JABATAN

 

16 TAHU

8 TAHU

6 TAHUN

6 TAHUN

 

TAHUN

 

1991 – 1999

1999 – 2007

2007 – 2013

2013  -  2019

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image